Wednesday, January 13, 2010

Mengapa saya benci menggunakan kartu kredit




credit card

Sudah hampir setahun lebih menggunakan kartu kredit dengan berbagai merk dari bank pengelola kartu kredit, sampai saat kemarin,adalah terakhir saya menggunakan kartu kredit. Awal penggunaan kartu kreditku, terpaksa karena akan bepergian ke luar negeri waktu itu. Lalu kenapa saya menutup kartu kredit?kan banyak manfaatnya?..


Memang disatu sisi ada manfaat dari kartu kredit,tapi juga tidak sedikit kerugiannya ibarat pisau bermata dua. Menurut bank pengelola kartu kredit,manfaat yang didapat : mudah digunakan,suku bunga bersaing,bla..bla..bla dan deretan bahasa marketing lainnya yang menggiurkan. Namun ketika kita menggunakannya,sadar atau tidak sadar kita sudah didorong untuk berprilaku konsumtif. Walaupun ada beberapa nasihat dari kawan, "Gunakan krtu kredit dengan bijak !" namun kenyataan, prilaku orang tidak mudah untuk seperti itu ketika mendapatkan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan kartu kredit.

Saya pribadi selama menggunakan kartu kredit,setiap "Ngutang" atau gesek kartu kredit,maka setiap bulan langsung dibayar lunas, dengan pagu yang lumayan besar tapi tidak pernah sampai over limit. Saya heran dengan orang yang bangga menunjukkan limit/pagu dari credit card yang digunakan,padahal itu hanya semu. Mengingat, dengan semakin besar pagu/limit credit card tersebut,niscaya semakin besar prosentase dari pendapatan kita yang akan berpindah tangan ke bank tersebut.

Akhirnya kemarin,kartu kredit terakhir yang saya pegang resmi saya tutup. Anehnya dilembar tagihan terakhir yang saya terima, saya masih punya kredit 70rb rupiah ketika saya nyatakan penutupan, uang tersebut tidak diungkit-ungkit oleh pihak bank kalau masih ada kredit, lain halnya ketika kita kurang dalam pembayaran 100 rupiah pun akan dikejar dan terus berbunga..Ini yang semakin membulatkan tekad saya untuk menutup kartu kredit.
Ada seorang temen yang bilang, "2010 gak punya kartu kredit??,kemane aja?", EGP. Yang penting aku sekarang bebas dari belenggu kartu kredit.
*gambar diambil dari http://damncoolpics.blogspot.com/ dan junarto.wordpress.com/

2 komentar:

didut said...

setujuh!!

Lie said...

Lahhh kalau gak punya kartu kredit terus ke luar negri, deposit hotelnya pake apa?Tunai???

Post a Comment

 
footer